Kreatifitas berfikir


Seorang guru bercerita pada rekannya yg jauh lebih senior dari dia. Ia berkata bahwa tadi ada peristiwa lucu, Ia kan bertanya pada murid2nya, "Berapakah setengah dari delapan" dan salah seorang murid menjawabnya, "Nol," “Saya bilang salah! Eh dia ngotot bahwa jawabannya benar. Hahaha dasar bodoh banget!”
Sang senior tidak tertawa, ia manggut2 & tampak berpikir. Lalu ia berkata: “Coba buang dulu jawaban kamu dari otak kamu. Pikirkanlah sebuah angka 8. Angka itu terdiri dari dua angka 0 - nol - yang dilekakkan satu di atas yang lain bukan? Jadi kalau setengahnya kira-kira angka berapakah”
Sang guru tersebut langsung terdiam dengan pucat pasi.
“Coba pikirkan lebih jauh: jika ditarik garis ke bawah di tengah angka 8, maka Anda akan melihat dua angka 3 yang saling berhadapan. Dari sudut Pandang itu, setengah angka delapan itu berapa? Itu adalah 3!”
Ingatlah untuk tidak menggunakan asumsi2 tradisional. Ketika ada orang yg memberikan gagasan atau jawaban yg aneh, mintalah untuk menjelaskan asumsinya dulu. Jangan karena jawaban kita atau ide kita merupakan ide yg lazim & biasa maka semua ide adalah salah.
Justru dgn mengambil sudut pandang baru & melihatnya secara berbeda, kita bisa mendapatkan berbagai penemuan / ide-ide baru. Kita bisa menggantikan pandangan lama kita dgn yg baru. Kita bisa menggabungkan ide lama sedemikian rupa & menciptakan sesuatu yg tak pernah ada sebelumnya.
_“To raise new questions, new possibilities, to regard old problems from a new angle, requires creative imagination and marks real advance in science.” Albert Einstein_
Kreativitas lbh banyak menggunakan otak kanan daripada otak kiri. Otak kiri biasanya digunakan untuk memproses suatu logika. Jadi bila ingin menghasilkan kreativitas lebih baik & lebih banyak, terkadang kita perlu mengabaikan logika untuk sesaat.
Dan satu hal lagi: Untuk hidup dalam sebuah hidup yg penuh kreativitas, kita harus menghilangkan ketakukan kita utk mencoba & melakukan kesalahan.

_“To Live a Creative Life, We Must Lose Our Fear of Being Wrong” – by Joseph Chilton Pearce_
Have a GREAT Day!
Copas dari Group WA

Comments

Popular posts from this blog

"Majulah Tanpa Menyingkirkan, Naiklah Tinggi Tanpa Menjatuhkan."

ANTARA BENAR DAN MERASA BENAR

ROTI PANGGANG GOSONG